SWOT Pada Lingkungan Bisnis Toko Umpan
Selamat pagi, siang, sore, dan malam semua. kembali lagi dalam pembahasan tentang kewirausahaan nih, sebelumnya kita sudah membahas tentang Analisis VRIO dan implementasinya pada bisnis toko umpan bagi yang ketinggalan dan belum membacanya silahkan untuk diklik link berikut : Analisis VRIO dan Implementasi nya Pada Bisnis Umpan Pancing. nahh untuk kali ini kita akan membahas tentang analisis SWOT dan lebih terperinci pada anlisa lingkungan bisnis, berikut tulisan yang dapat saya sampaikan semoga berguna. :D
I. SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats)
Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/2017-manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot/
SWOT merupakan singakatan dari Kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunity), dan ancaman (Threats). Analisa SWOT juga salah satu tools yang berguna untuk memanjukan usaha atau bisnis yang sedang kita jalani. Dalam implementasinya SWOT tidak harus berkaitan dengan bisnis, usaha, ataupun organisasi porfit, Analisa SWOT juga dapat digunakan untuk setiap individu yang ingin meningkatkan kinjernya agar menjadi lebih kompten kedepannya.
Adapun berikut pengertian dari analisa SWOT secara terperinci :
- Strength : Poin poin yang dapat dituangkan disini yaitu kekuatan apa saja yang kita miliki dibandingkan dengan kompetitor, bisa jadi sumber daya, keterampilan, dll.
- Weakness : Kelemahan disini berarti hal hal apa saja yang jika dibandingkan dengan kompetitot, kualitas yang kita miliki masih dibawah kompetitor. Dengan penulisan poin point yang akurat maka diharapkan kedepannya nilai dari weakness ini dapat berkurang dan dapat diperbaiki lagi.
- Oppurtinities : Peluang disini sifatnya sangat fleksible dan fluktuatif, kebanyakan hal hal yang bersangkutan dengan peluang harus dioptimalkan sesegera mungkin karna sifatnya yang sangat fleksible.
- Thearts : Ancaman disini juga termasuk dalam hal yang fleksbile dan tidak bisa kita kontrol sepenuhnya, karna dengan kita menulis apa saja ancaman yang sedang dimiliki kita akan menjadi lebih aware dalam menjalankan bisnis kita.
Dari penjelasan diatas dapat diberikan contoh dari empat perumusan masalah yaitu :
- Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
- Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
- Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
- Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dalam lingkungan bisnis 2 aspex pertama yaitu Strength dan Weakness merupakan faktor internal, dimana point point yang di jabarkan berdasarkan apa yang dimiliki oleh bisnis, sedangkan utnuk 2 aspex terakhir yaitu Oppurtinities dan Thearts merupukan faktor eksternal dimana setiap pointnya bukan berasal dari dalam lingkungan bisnis. Faktor-faktor yang berasal dari luar sangat sulit untuk dikendalikan sebagai pelaku usaha kita hanya dapat menghindari ataupun mengambil kesempatan dari perubahan-perubahan yang terjadi di luar bisnis kita.
II. Implementasinya dalam Bisnis Toko Umpan
Dari penjelasan diatas maka kita dapat memahami dan dapat menerapkan analisa SWOT dengan bisnis yang kita jalani, untuk kali ini saya akan mencontohkannya dengan bisnis toko umpan, dimana bisnis tersebut sedang sangat saya rencanakan untuk dapat beroperasi di masa yang akan datang.
1. Strength
- Kekuatan yang dimiliki oleh bisnis kami yaitu, tersedianya kebutuhan umpan yang komplit dikarenakan supplier memberi trust kepada kami untuk memasarkan produknya.
- Keramahan yang diberikan staff kami menjadikan toko yang kami buka tersebut menarik pengunjung baik itu seeseorang yang baru mau masuk ke hoby mancing ataupun seseorang yang sudah lama menjalani hoby tersebut
- Memberikan sarana untuk berdiskusi antara sesama penghoby, membuat lingkungan yang terjadi di toko sangat hangat dan membuat customer baru ataupun lama menjadi nyaman di toko kami.
2. Weakness
- Kelemahan yang kami miliki yaitu sumber pendanaan yang belum cukup, dikarenakan beberapa supplier meminta kami untuk membeli produknya tersebut terlebih dulu, bukan sekedar hanya menitipkan produknya.
- Hal-hal kecil terkait kenyaman tempat, seperti tersedianya kopi dan snack gratis terkadang membuat profit semakin menurun, tapi hal tersebut masih kami pertahankan agar customer merasa nyaman saat berbelanja di toko kami.
3. Oppurtinities
- Peningkatan penghoby mulai terasa di daerah kami, beberapa lahan kosong (rawa) tersulap menjadi empang pemancingan dan ditambah setiap empang yang kami jumpai tidak terlihat sepi.
- Covid 19 yang mulai mereda menyebabkan masyarakat sudah mulai memberanikan diri untuk menjalani hobynya di luar rumah, hal tersebut merupakan kabar baik bagi kami.
4. Threats
- Beberapa kompetitor sudah mulai menerapkan strategi yang sama dengan kami.
- Beberapa komptetior memiliki produk orignal yang memang eksklusif hanya ada ditoko mereka dan pengguna produk tersebut semakin banyak akhir akhir ini.
Dari data diatas menunjukan beberpa point yang harus diantisipasi, dioptimalisasi, dan dihindari. karena anlisa SWOT ini kita sebagai pelaku usaha jadi dipermudah untuk melakukan upgrade diri pada bisnis yang kita jalani.
Demikian artikel ini saya tulis, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan Terima Kasih telah membacanya sampai tuntas :D
Komentar
Posting Komentar