Analisis VRIO dan Implementasi nya Pada Bisnin Umpan Pancing
Halo semuanya selamat datang kembali di blog kami yang berfokus pada kewirusahaan dan tools-tools yang biasanya digunakan dalam menentukan keputusan dalam beriwarusaha nantinya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tools VRIO semoga tulisan ini dapat menjadi bahan referensi dan dapat berguna baik bagi penulis dan juga pembaca, Lettsss go ke pembahasan.
Sumber : https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/18/mengenal-kerangka-vrio-apa-itu-tip-keuntungannya/ |
I. VRIO Analysis
VRIO (Valuable, Rare, Inimitable, Organized to Capture Value)
adalah suatu alat untuk menganalisa sumber daya internal dari perusahaan dan
kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan
kompetitif yang berkelanjutan.
1. Value
Value merupakan sebuh nilai tersendiri yang berasal dari sumber daya yang dimiliki. sumber daya ini bersifat langka dan jarang untuk ditemukan oleh kompetitor lain. adapun sumber daya yang dimaksud bisa berasal dari sumber daya fisik (tanah, bangunan, dll) dan juga sumber daya non fisik (intelektual, hak paten, dll).
2. Rare
Rare merupakan sumber daya yang sulit untuk di temukan di pasar kemampuan yang unik juga masuk dalam kategori ini.
3. Inimitable
Inimitable adalah sesuatu hal yang mungkin tidak bisa atau sulit ditiru oleh kompetitor lainnya.
4. Organized
Organisasi adalah analisis internal tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi dan terstruktur untuk sukses.
II. Kegunaan Analisis VRIO
Analasis VRIO sangat penting untuk dilakukan karna hasil dari analisis ini yaitu sebuah point point penting yang menunjukan sisi kelangkahan dan tingkat kesulitan bisnis kita untuk ditiru dalam persaingan dengan kompetitor lain di pasar. Analisis ini juga dapat membantu parah pengusaha untuk mendapatkan point point tambahan dari setiap kerangka analisis VRIO yang berefek pada bisnis kita makin sulit untuk disangi oleh kompetitor.
III. Implementasi Analisis VRIO dalam Bisnis Umpan Pancing YDS23
Saat ini bisnis umpan pancing sangat menjamur di seluruh kota kota besar bahkan desa, terlebih lagi di jakarta. Hal tersebut menandakan bahwa tingginya tingkat persaingan dalam bisnis ini. adapun upaya yang saya lakukan agar dapat lebih unggul dari kompetitor yaitu menerapkan analisis VRIO dalam bisnis saya. hasil dari analisis tersebut yaitu :
- Sumber daya yang saya miliki dan saya jual memang termasuk umum, namum ada beberapa produk yang saya buat sendiri seperti essen, umpan, dan boman. ditambah lagi pelayanan yang diberikan oleh staff kami menambah nilai Value disni.
- Kelangkahan dari sumber daya kami yaitu setiap essen yang kami buat hanya dalam skala batch yang setiap batch nya kami produksi sebanyak 20 pcs. hal tersebut membuat konsumen harus lebih cepat untuk mendapatkan produk kami.
- Untuk setiap umpan, essen, dan boman yang kami produksi sendiri sulit sekali untuk ditiru baik itu oleh orang awan (bukan pedagang), maupun pedagang sendiri. karna setiap produk yang kami buat berdasarkan pengalaman dan juga uji coba yang berulang-ulang di setiap empang yang ada di jakarta dan sekitarnya.
- Untuk struktur organisasi dalam bisnis saya juga sudah cukup jelas, dari saya sebagai owner dan juga pembuat dan peracik produk ditambah dengan staff penjaga toko yang stand by dari pukul 6.00 hinga 20.00. dan juga satu staff yang ditugaskan khusus untuk membuat produk.
Hasil dari analisis tersebut membuat kami semakin optimis bahwa bisnis yang kami jalankan sudah selangkah lebih maju dibanding dengan para kompetitor.
Komentar
Posting Komentar