Digital Marketing



Pada blog kali ini kita akan membahas Digital Marekting, apa itu Digital Marekting ?

Istilah Pemasaran Digital atau Digital Marketing, baik melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau melalui media massa. Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, Digital Marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.


Strategi digital marketing

Ada begitu banyak strategi digital marketing. Pemasar yang mencari strategi pemasaran digital utama harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bisnis, produk, dan demografi mereka sebelum memilih strategi pemasaran digital yang akan efektif untuk kebutuhan mereka.

Berikut beberapa contoh strategi digital marketing yang biasa digunakan para pebisnis yang bisa Anda jadikan referensi:


1. Blogging

Salah satu contoh strategi pemasaran terbaik yang bekerja untuk hampir semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten online pada topik yang relevan dengan bisnis Anda. Blogging membantu bisnis menghasilkan lebih banyak prospek.

Karena meningkatkan visibilitas secara online sambil juga memberikan informasi berkualitas yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas. Blogging adalah taktik pemasaran yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google.



2. Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen menggunakan saluran media sosial setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis Anda tidak eksis di media sosial, Anda tentu akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial.

Agar akun bisnis Anda semakin optimal, Anda bisa menggunakan tools pengelola sosial media yang saat ini banyak beredar. Misalnya, seperti Hootsuite untuk mengatur jadwal konten harian, hingga aplikasi Instasize yang sangat bermanfaat untuk mengedit konten agar lebih astetik ketika tampil di Instagram.


3. Email marketing

MailToGo

Email marketing adalah cara yang efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda di mana pun mereka berada. Tidak hanya sebagian besar konsumen memiliki alamat email, tetapi banyak juga yang benar-benar menikmati mendengar dari bisnis melalui konten email. Tapi jangan terjebak dalam perangkap membeli hanya untuk menumbuhkan daftar email Anda.

Ya, itu mungkin terdengar seperti jalan pintas yang baik dalam mengumpulkan arahan tetapi jarang dan hampir tidak berhasil. Ada kemungkinan besar bahwa orang-orang ini tidak akan peduli membuka pesan email Anda karena mereka tidak mendaftar untuk itu.

Atau lebih buruk lagi, Anda bisa berada dalam masalah besar jika orang-orang di daftar email yang Anda beli tinggal di Eropa karena Anda melanggar hukum Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).

Jadi, begitu Anda memiliki daftar kontak email dan Anda mendapat izin untuk menghubungi mereka, Anda dapat mengirimkan berbagai jenis konten yang berbeda dari penawaran promosi hingga buletin informatif..


4. Pay-Per-Click Ads

Pay-per-click atau PPC adalah contoh hebat lain dari taktik pemasaran yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC adalah iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Saat Anda membuat iklan ini melalui Iklan Google, Anda menawar kata kunci tertentu yang relevan dengan konten Anda. Ketika seorang konsumen mencari kata kunci ini di Google, mereka akan melihat iklan Anda di bagian atas halaman.



Manfaat Digital Marketing untuk Pengembangan Bisnis yang Lebih Potensial

1) Menjangkau Pasar Secara Online
Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.

2) Mudah Menemukan Konsumen Sesuai Dengan Target Yang Direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak.

3) Menempatkan Posisi Strategis Dalam Persaingan Bisnis
Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

4) Meningkatkan Profit Bisnis Yang Dijalankan
Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.

5) Memudahkan Dalam Melakukan Evaluasi
Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.

6) Membuat Bisnis Terlihat Lebih Profesional
Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.


Keunggulan digital marketing


Pemasaran melalui media digital memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pemasaran melalui media konvensional seperti iklan pada media cetak, TV, atau bahkan radio. Berikut Keunggulan yang didapat jika kita memasarkan produk kita melalui digital Marketing

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Media digital atau internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan informasi terkait produk dan promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional bahkan global. Berbeda dengan pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada billboard, surat kabar, atau radio. Media-media tersebut hanya mampu menjangkau suatu wilayah tertentu.

2. Hasil Terukur

Salah satu keistimewaan dari digital marketing lewat jasa agency adalah hasilnya lebih mudah untuk diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis data memudahkan pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari berapa banyak orang yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan kunjungan, atau berapa banyak yang melakukan pembelian. Dari data tersebut dapat dihitung ROI (Return Of Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat menghitung pendapatan yang diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu biaya tertentu. Sehingga proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk menilai apakah aktivitas pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan, ataukah harus mencari jenis kegiatan yang lain.


3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat

Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan marketing konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media tersebut bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk melakukan update informasi.

4. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Seiring dengan kelebihan menggunakan digital marketing melalui jasa agency yang disampaikan pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target tertentu.



Kesimpulan dan penutup

Dengan kemajuan teknlogi saat ini dan semakin menyebar luasnya internet maka membuat Digital Marketing ini sebagai media yang sangat memiliki value tinggi. Ditambah saat ini kita sedang menghadapi masa pandemi dimana penjualan online jauh lebih menguntungkan dibanding dengan penjualan offline atau tatap muka. dengan memanfaatkan media Digial Marketing diharapkan dapat mejaga bisnis kita dan dapat membuat bisnis kita semakin berkembang nantinya dikarenakan sudah banyak orang yang lebih menikmati acara digital dibandingkan konvensional.

Komentar