Marketing Insight
Banyak sekali anak muda atau bahkan remaja yang ingin melakukan usaha namun masih bingung memulainya dari mana dan produk apa yang ingin mereka jual. Oleh karna itu mempelajari marketing Insight merupakan sesuatu yang dapat membuat usaha kita semakin berkembang.
Pertama kita harus memahami apa itu market insight, Market Insight : suatu pemahaman yang dalam mengenai pasar ( market ) yang muncul sehingga dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama.
Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL-Ojt0U6qSY2aQg8rIknNp4ahyH2HQnZ06bdnVyLvYEZAT_zuy-2TyzRt0Dk-hvaCUATM45PzssxinOMUjHvn-qlLDtWZsw5fXvdFHb0_SneprArne_EMczfbPO1JawHS2OCwlXaCk7R3/w320-h147/Screenshot_2020-12-11-16-24-30-395_com.google.android.youtube.jpg)
1. Dapat diterima oleh pasar
2. Consumers Statification
3. Mendapatkan Profit
Ada pun 3 kata kunci terminologi kebutuhan pasar yaitu :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgt9pG3yjIezUz_wrmLgBF-p5D2WMG8W_yqHg_e99Hs9pwBeIcA3ji6acAEwOBIlkPpEnRZi5zbeY4MIOFOMqMnf9d0H6SkV-XR2uEnB3x6B4Y4zTmPE6eg_rnai5OhK91eaaKfV8GnLYmv/w320-h147/Screenshot_2020-12-11-16-24-39-237_com.google.android.youtube.jpg)
1. Relevant
Artinya dari lingkungan dengan mengikuti perubahan tren dari jaman ke jaman yang relevan saat ini.
2. Appealing
Membangkitkan emosional dari sisi positif, emosional positif itu functional value, emotional value dan symbolic value.
3. Suitable
Empathi terhadap kapasitas konsumen kita harus memahami kapabilitas konsumen kita bisa lihat dari lifestylenya, demographic, socialgraphic, financial dan belief.
Market research is a strategies to generate insight
Memanfaatkan CI dari jaringan social/internet
Ø Identifikasi kebiasaan
Ø Memahami komunitas
Ø Mendapatkan feedback
Ø Mendapatkan opini untuk memperbaiki komunikasi
Ø Memahami waktu konsumsi
Ø Mengevaluasi pengalaman
Ø Membandingkan dengan pesaing
Ø Mengidentifikasi new influencer
Ø Mendapatkan info trend terbaru
Ø Mengotimalkan iklan
Komponen dasar marketing insight
Ø Menyesuaikan strategi pemasaran
Ø Menganalisa pesaing
Ø Menekan biaya akusisi per pelanggan
Ø Meningkatkan jumlah pelanggan
Contoh produk yang berhasil melalui consumer insight
Kesimpulan
Berbagi pengalaman à word of mouth/mempengaruhi orang lain
Penigkatan penjualan àjumlah pembelian per konsumen meningkat
Utilisasi àkonsumen membeli menggunakan membutuhkan
Kedekatan àkonsumen merasa lebih dekat dengan produk /jasa
Kesimpulan
Pertama kita harus memahami apa itu market insight, Market Insight : suatu pemahaman yang dalam mengenai pasar ( market ) yang muncul sehingga dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama.
Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.
Marketing insight
Apa si yang dimaksud dengan insight, insight adalah informasi yang sudah sampai ke intinya. informasi tersebut bisa digunakan untuk memahami suatu problem. jadi marketing insight adalah bisa memahami suatu pasar dengan jelas dan mendalam.
Ada 3 point agar bisnis goal kita tercapai yaitu :
Apa si yang dimaksud dengan insight, insight adalah informasi yang sudah sampai ke intinya. informasi tersebut bisa digunakan untuk memahami suatu problem. jadi marketing insight adalah bisa memahami suatu pasar dengan jelas dan mendalam.
Ada 3 point agar bisnis goal kita tercapai yaitu :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL-Ojt0U6qSY2aQg8rIknNp4ahyH2HQnZ06bdnVyLvYEZAT_zuy-2TyzRt0Dk-hvaCUATM45PzssxinOMUjHvn-qlLDtWZsw5fXvdFHb0_SneprArne_EMczfbPO1JawHS2OCwlXaCk7R3/w320-h147/Screenshot_2020-12-11-16-24-30-395_com.google.android.youtube.jpg)
1. Dapat diterima oleh pasar
2. Consumers Statification
3. Mendapatkan Profit
Ada pun 3 kata kunci terminologi kebutuhan pasar yaitu :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgt9pG3yjIezUz_wrmLgBF-p5D2WMG8W_yqHg_e99Hs9pwBeIcA3ji6acAEwOBIlkPpEnRZi5zbeY4MIOFOMqMnf9d0H6SkV-XR2uEnB3x6B4Y4zTmPE6eg_rnai5OhK91eaaKfV8GnLYmv/w320-h147/Screenshot_2020-12-11-16-24-39-237_com.google.android.youtube.jpg)
1. Relevant
Artinya dari lingkungan dengan mengikuti perubahan tren dari jaman ke jaman yang relevan saat ini.
2. Appealing
Membangkitkan emosional dari sisi positif, emosional positif itu functional value, emotional value dan symbolic value.
3. Suitable
Empathi terhadap kapasitas konsumen kita harus memahami kapabilitas konsumen kita bisa lihat dari lifestylenya, demographic, socialgraphic, financial dan belief.
Market research is a strategies to generate insight
1. Qualitative research
Observasi ,melihat apa saja trend diluar melihat produk apa yang banyak yang digunakan konsumen
2. Quantitative research
Sentiment analysis ,dilakukan dengan data bagimana rata rata penilaian konsumen secara online.
3. Social media listening
Observasi ,melihat apa saja trend diluar melihat produk apa yang banyak yang digunakan konsumen
2. Quantitative research
Sentiment analysis ,dilakukan dengan data bagimana rata rata penilaian konsumen secara online.
3. Social media listening
Metode ini dengan cara melihat berapa banyak aspek contoh nya barang tersebut telah direview di youtube lalu kita menjual produk tersebut karna dengan begitu banyak orang orang yang mecari produk tersebut
Consumer insight
Adalah seperti jembatan kita ingin tahu apa si yang dibutuhkan konsumen kita.dapat diartikan sebagai upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam,mulai dari segi geografis,kebiasaan,latar belakang,demografis dan berbagai factor yeng mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung denga komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jas yang ditawarkan.
Customer journey
Consumer insight
Adalah seperti jembatan kita ingin tahu apa si yang dibutuhkan konsumen kita.dapat diartikan sebagai upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam,mulai dari segi geografis,kebiasaan,latar belakang,demografis dan berbagai factor yeng mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung denga komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jas yang ditawarkan.
Customer journey
perjalanan bagaimana seorang customer sampai mendapatkan produk kita
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNNpMG86L45aNLoAHQFHNRsoOMuBNf1QrqIf6AJal6GM1Y2_PzdsmC27LSG_Fbpvt4Yyg__ZXGx3ah6Gw8E9qwL1AmCUyvhFSTWOwatWuTrKrbeR1S_EDPqn1I8mCQJGtVBdmQiW6M5hQw/w306-h148/Screenshot_2020-12-11-08-05-05-603_com.google.android.youtube.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNNpMG86L45aNLoAHQFHNRsoOMuBNf1QrqIf6AJal6GM1Y2_PzdsmC27LSG_Fbpvt4Yyg__ZXGx3ah6Gw8E9qwL1AmCUyvhFSTWOwatWuTrKrbeR1S_EDPqn1I8mCQJGtVBdmQiW6M5hQw/w306-h148/Screenshot_2020-12-11-08-05-05-603_com.google.android.youtube.jpg)
Area consumer insight
Area klasik (siapa konsumen) area psikologis
· Apa yang dilakukan apa yang dirasakan
· Dimana berada apa tujuannya
· Apa yang dibeli bagaimana mempengaruhi
Cara mengumpulkan insight
Area klasik (siapa konsumen) area psikologis
· Apa yang dilakukan apa yang dirasakan
· Dimana berada apa tujuannya
· Apa yang dibeli bagaimana mempengaruhi
Cara mengumpulkan insight
Mengumpulkan insight dapat dengan mempelajari Literature/budaya, survey, observations, interview, social media monitoring,document dan experiment
Mencari sumber infomasi
Mencari sumber infomasi
Memanfaatkan CI dari jaringan social/internet
Ø Identifikasi kebiasaan
Ø Memahami komunitas
Ø Mendapatkan feedback
Ø Mendapatkan opini untuk memperbaiki komunikasi
Ø Memahami waktu konsumsi
Ø Mengevaluasi pengalaman
Ø Membandingkan dengan pesaing
Ø Mengidentifikasi new influencer
Ø Mendapatkan info trend terbaru
Ø Mengotimalkan iklan
Komponen dasar marketing insight
Manfaat consumer insight
Ø Menyesuaikan strategi pemasaran
Ø Menganalisa pesaing
Ø Menekan biaya akusisi per pelanggan
Ø Meningkatkan jumlah pelanggan
Contoh produk yang berhasil melalui consumer insight
Kesimpulan
Berbagi pengalaman à word of mouth/mempengaruhi orang lain
Penigkatan penjualan àjumlah pembelian per konsumen meningkat
Utilisasi àkonsumen membeli menggunakan membutuhkan
Kedekatan àkonsumen merasa lebih dekat dengan produk /jasa
Kesimpulan
Marketing Insight sangat penting demi menunjang uasaha agar dapat lebih maju dan berkembang dengan memahami pelajaran ini memperbesar peluang usaha kita dapat sukses dan bertahan melalui pemasaran yang dinilai sangat efisien untuk digunakan.
Komentar
Posting Komentar