9 BMC Toko Umpan Ikan dan Burung
Sekilas Tentag Toko Kami....
Toko kami merupakan toko yang menyediakan berbagai umpan dan alat alat untuk keperluan Mancing atau pun burung kicau. Toko kami lebih disukai dikarenakan pelayanan dan konsultasi yang nyaman. Toko umpan kami pun lebih mudah ditemukan karna kami promosokin melalui sosial media dan lokasi toko kami ada di google maps.
Berikut detail 9 BMC dari toko kami
1. Customer
Segments
Langkah pertama dari pemetaan Business Model Canvas adalah
mengisi kolom customer. Owner perlu mengidentifikasi kelompok pasar yang
menjadi calon customer dari usaha yang didirikan. untuk toko umpan ini berikut
daftar calon customer yang menjadi target kami:
· Penghobi
Mancing
· Penghobi
Kicau Burung
· Segala usia yang memiliki hoby dibidang tersebut
2. Value propositions
Yaitu seorang pemilik usaha harus mencatat value apa yang
ingin disampaikan ke masyarakat. Value tidak selamanya harus berupa keunggulan
produk, namun bisa juga diciptakan melalui experience, kekuatan brand, sejarah,
dan lain-lain. Toko umpan ini memiliki beberapa Value Proposition, yaitu:
· Konsultasi
masalah umpan
· Harga lebih
terjangkau
· Kelengkapan
produk
· Mudahnya
akses ke toko umpan
3. Channels
Dalam toko ini distribusi
kepada konsumen,yaitu pendistribusian secara langsung(direct) dan tidak
langsung (indirect).
· Untuk jenis saluran
penjualan secara langsung (Direct Sales), Kami menjual langsung produk kepada
pembeli sesuai apa yang diinginkan.
· Untuk jenis saluran tidak
langsung (Indirect Sales), toko umpan kami memasarkan produknya secara online.
Media yang digunakan adalah media sosial seperti : Group Facebook, Tokopedia,
bukalapak, dan Market Place lain
4. Customer
Relationships
Yaitu mengidentifikasi usaha-usaha apa yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan pelanggannya. Di Toko umpan kami menerapkan :
· Pelayanan yang ramah
terhadap pelanggan atau konsumen
· Testimonial terhadap umpan yang kami
buat
·
Pemberian bonus terhadap pelanggan setia
5. Revenue
streams
Merupakan bagian dimana manajemen mencatat darimana saja
sumber pemasukan perusahaan.
· Menjual berbagai macam umpan
· konsultasi masalah umpan dan
akan kami buatkan produk yang sesuai
· Kami Juga membuat
youtube channel untuk mempromosikan produk asli dari kami
6. Key
Resources
Key Resources yang terdapat di toko umpan kami terdiri
dari dua sumber daya, antara lain :
a) Sumber Daya fisik
Yaitu bangunan toko beserta kursi, meja, etalase, dan produk
b) Sumber Daya Manusia
Yaitu dalam toko umpan kami terdiri dari 2 orang professional
dalam masalah umpan
7. Key
Activities
Aktivitas kunci pada toko
umpan kami adalah terletak pada produk kami yang lengkap dan pelayanan yang
ramah kepada pelanggan. Aktivitas lainnya yaitu memasarkan produk melalui
digital marketing seperti :
· Facebook
· Google Maps
· Youtube
8. Key Partners
Untuk Produk yang kami jual kami memasok produknya dari
distributornya dan pembuatnya langsung seperti :
· Pengumpul
Kroto
· Peternak
Ulat
· Produsen
umpan pellet
Untuk rincian biaya yang harus dikeluarkan antara lain,
seperti :
· Biaya sewa
tempat
· Biaya
listrik dan air
· Biaya Pengadaan
Produk Umpan
· Biaya Promosi
Jika Harus Di butuhkan
· Gaji
Karyawan
Komentar
Posting Komentar