9 BMC Toko Umpan Ikan dan Burung

 

    

Sekilas Tentag Toko Kami....

Toko kami merupakan toko yang menyediakan berbagai umpan dan alat alat untuk keperluan Mancing atau pun burung kicau. Toko kami lebih disukai dikarenakan pelayanan dan konsultasi yang nyaman. Toko umpan kami pun lebih mudah ditemukan karna kami promosokin melalui sosial media dan lokasi toko kami ada di google maps.


Berikut detail 9 BMC dari toko kami


1.     Customer Segments

Langkah pertama dari pemetaan Business Model Canvas adalah mengisi kolom customer. Owner perlu mengidentifikasi kelompok pasar yang menjadi calon customer dari usaha yang didirikan. untuk toko umpan ini berikut daftar calon customer yang menjadi target kami:

·        Penghobi Mancing

·        Penghobi Kicau Burung

·        Segala usia yang memiliki hoby dibidang tersebut


        2.      Value propositions

Yaitu seorang pemilik usaha harus mencatat value apa yang ingin disampaikan ke masyarakat. Value tidak selamanya harus berupa keunggulan produk, namun bisa juga diciptakan melalui experience, kekuatan brand, sejarah, dan lain-lain. Toko umpan ini memiliki beberapa Value Proposition, yaitu:

·        Konsultasi masalah umpan

·        Harga lebih terjangkau

·        Kelengkapan produk

·        Mudahnya akses ke toko umpan

 

3.     Channels

                    Dalam toko ini distribusi kepada konsumen,yaitu pendistribusian secara langsung(direct) dan tidak langsung (indirect).

·      Untuk jenis saluran penjualan secara langsung (Direct Sales), Kami menjual langsung produk kepada pembeli sesuai apa yang diinginkan.

·      Untuk jenis saluran tidak langsung (Indirect Sales), toko umpan kami memasarkan produknya secara online. Media yang digunakan adalah media sosial seperti : Group Facebook, Tokopedia, bukalapak, dan Market Place lain

 

4.     Customer Relationships

Yaitu mengidentifikasi usaha-usaha apa yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan pelanggannya. Di Toko umpan kami menerapkan :

·      Pelayanan yang ramah terhadap pelanggan atau konsumen

·      Testimonial terhadap umpan yang kami buat

·      Pemberian bonus terhadap pelanggan setia

 

5.     Revenue streams

Merupakan bagian dimana manajemen mencatat darimana saja sumber pemasukan perusahaan.

·     Menjual berbagai macam umpan

·     konsultasi masalah umpan dan akan kami buatkan produk yang sesuai

·      Kami Juga membuat youtube channel untuk mempromosikan produk asli dari kami

         

6.     Key Resources

 Key Resources yang terdapat di toko umpan kami terdiri dari dua sumber daya, antara lain :

a)    Sumber Daya fisik

Yaitu bangunan toko beserta kursi, meja, etalase, dan produk

b)    Sumber Daya Manusia

Yaitu dalam toko umpan kami terdiri dari 2 orang professional dalam masalah umpan

 

7.     Key Activities

        Aktivitas kunci pada toko umpan kami adalah terletak pada produk kami yang lengkap dan pelayanan yang ramah kepada pelanggan. Aktivitas lainnya yaitu memasarkan produk melalui digital marketing seperti :

·        Facebook

·        Google Maps

·        Youtube

 

8.      Key Partners

Untuk Produk yang kami jual kami memasok produknya dari distributornya dan pembuatnya langsung seperti :

·        Pengumpul Kroto

·        Peternak Ulat

·        Produsen umpan pellet


9. Cost Structures

Untuk rincian biaya yang harus dikeluarkan antara lain, seperti :

 

·        Biaya sewa tempat

·        Biaya listrik dan air

·        Biaya Pengadaan Produk Umpan

·        Biaya Promosi Jika Harus Di butuhkan

·        Gaji Karyawan

 


Komentar